Malam Pertobatan, Film yang Mengangkat Fenomena Penembakan Misterius yang Marak di Zaman Orba!

Prasetyo Budi
Selasa, 24 September 2024 | September 24, 2024 WIB Last Updated 2024-09-24T17:35:46Z



QBeritakan.com - Malam Pertobatan mengangkat peristiwa adanya penembak misterius (petrus) yang sempat marak di Indonesia zaman orde baru tepatnya tahun 80-an. Penembak misterius ini menembak preman yang berbuat kriminal kepada rakyat kecil termasuk pedagang pasar. Baron (Muh Khan), Pange (Patrick Simanjuntak) dan Sony (Helmy Wilson) merupakan sekelompok preman dengan ciri khas bertato yg terlibat kriminalitas domestik yg menjadi sasaran ‘petrus’ tersebut. 

Selain berani mengangkat isu penembakan misterius (Petrus), poin plus dari film ini juga terletak pada penampilan aksi mengenai perburuan penembak misterius dengan geng preman serta beberapa adegan kriminalitas pertikaian domestik dengan visual yg cukup eksplisit, termasuk di dalamnya terdapat efek darah dan adegan lugas penembakan dengan pistol mengenai kening kepala Pange dengan audio yg mendebarkan.

Unsur action ini diletakkan sebagai plot pendamping dari genre drama psikologis dari tokoh utama yaitu Baron, seorang anggota preman yang mengalami pergolakan batin antara mempertahankan profesinya sebagai preman yang ditakuti oleh warga kampung dengan prinsip humanisnya sebagai seorang anak yg berbakti pada ibunya dan sebagai pacar dari seorang gadis jawa yang keduanya sangat taat kepada Tuhan dalam ajaran agama Katolik.

Film ini juga semakin menarik ketika latar tempat adegannya berlatar belakang tahun 1980-an dengan lokasi di Magelang. Malam Pertobatan juga memperlihatkan keragaman budaya dari tokoh utama seperti Baron sebagai preman asal Jawa Tengah, Sony sebagai preman dari papua. 

Adapun hal yang belum terlihat adalah siapa yang menjadi dalang dari ‘petrus’ tersebut? Sang penembak misterius yg terasa sangat powerful dibandingkan dengan geng preman Baron dkk dan beberapa alur cerita yang kurang detail, seperti barang bukti pisau yang digunakan Pange untuk membunuh korban wanita yang begitu mudahnya ditemukan sang penembak misterius, dan pesan emosi drama yang belum maksimal.

Overall, film ini menarik untuk dijadikan alternatif tontonan film Indonesia dengan ide cerita yang unik dengan mengangkat peristiwa kelam ‘petrus’ yang merupakan sejarah penting yang jarang diangkat. Pastikan menonton film sampai akhir ya, karena di ending film ini dimodifikasi berbeda dari cerita cerpen asalnya. Cukup surprise!

Tayang di JCW 2024 dan nantinya akan tayang di Klikfilm.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Malam Pertobatan, Film yang Mengangkat Fenomena Penembakan Misterius yang Marak di Zaman Orba!

Trending Now