Jelang Pilkada, Masyarakat Diminta Bijak Bermedsos dan Waspada Hoaks

Prasetyo Budi
Senin, 30 September 2024 | September 30, 2024 WIB Last Updated 2024-09-30T09:44:47Z



QBeritakan.com - Masyarakat di minta bijak bermedia sosial dan waspada hoaks menjelang penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang.

Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Achmad Saefullah, mengatakan media sosial menjadi ruang rentan penyebaran hoaks.

“Kami imbau masyarakat harus menyaring dan memfilter berita hoaks. Jangan langsung posting ulang, kita harus tahu asal-usul beritanya,” ujarnya, Senin, 30 September 2024.

Pasalnya, penyebaran informasi bohong atau hoaks kian marak menjelang Pilkada. Oleh karena itu, masyarakat harapannya semakin teliti menerima informasi.

“Postingan (hoaks) ini yang akhirnya menjadi hal negatif. Apalagi untuk masyarakat yang tidak tahu (akan kebenaran informasi tersebut),” kata Saefullah.

Ia juga turut mengajak para ASN untuk tegak menjaga netralitas. Termasuk bijak dalam menggunakan sosial media.

“Kepada instansi, sebagaimana ditekankan oleh Pj Gubernur kepada ASN agar netral. Jangan ikut-ikut (asal repost),” tuturnya.

Sementara terkait patroli siber, Achmad, menyebut tugas tersebut merupakan kewenangan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).


Namun, pihaknya siap apabila mendapat tugas untuk ikut serta dalam pengecekan atau patroli siber.

“Tapi kalau digandeng dan ada perizinannya untuk kita masuk di dalam pengecekan terhadap akun yang kiranya tidak netral ataupun lainnya, ya akan kita lakukan,” pungkasnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Pilkada, Masyarakat Diminta Bijak Bermedsos dan Waspada Hoaks

Trending Now