Bukan Film Marvel, Juru Selamat Streaming Disney dari India

Wartawan Goes Too Campus
Selasa, 21 November 2023 | November 21, 2023 WIB Last Updated 2023-11-21T16:56:45Z



QBeritakan.com - Layanan streaming Hotstar mencetak rekor. Sekitar 59 juta penonton mengakses platform milik Disney tersebut pada waktu yang sama untuk menyaksikan final Piala Dunia Kriket.

Sekitar 59 juta orang menyaksikan streaming final Piala Dunia Kriket pada Minggu (19/11/2023) waktu setempat. Dalam pertandingan yang digelar di India tersebut, India harus kalah dari Australia yang berhasil menjadi pemenangnya alias India cuma menyabet gelar Runner-up.

Kini, Hotstar milik Disney menjadi pemimpin layanan streaming di India. Saingan terdekatnya adalah JioCinema miliki miliarder Mukesh Ambani, dengan rekor 32 juta penonton.

Disney menyiarkan Piala Dunia Kriket lewat Hotstar secara gratis untuk pengguna aplikasi mobile Hotstar. Lonjakan pengguna selama kompetisi ini bisa menjadi juru selamat Hotstar yang sedang berdarah-darah. Dalam setahun terakhir, jumlah pelanggan Hotstar telah menyusut 23 juta akun.

CEO Disney Bob Iger pada awal bulan ini menyatakan komitmen Disney untuk bertahan di India. Perusahaan pemilik hak intelektual atas tokoh Marvel dan Star Wars tersebut punya beberapa rencana untuk membangun bisnis yang menguntungkan di India.

Salah satunya, Disney dikabarkan sedang berdiskusi dengan beberapa perusahaan untuk bekerja sama, termasuk grup Reliance milik Ambani.

Kriket adalah rebutan utama antara perusahaan streaming di India. Ambani mengucurkan US$ 3 miliar agar perusahaannya bisa menyiarkan liga kriket IPL selama 5 tahun lewat streaming. Disney juga menyiarkan IPL, tetapi lewat siaran langsung TV.

Selain di India, Disney+ Hotstar juga beroperasi di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pada pertengahan tahun, Disney menyatakan jumlah pelanggan Disney+ Hotstar adalah 40,3 juta atau 24 persen lebih rendah dari 52,9 juta pada akhir kuartal pertama.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bukan Film Marvel, Juru Selamat Streaming Disney dari India

Trending Now