Tol Padang Sicincin Merupakan Proses Pembangunan Jalan Tol Paling Ribet Indonesia

QBeritakan.com
Minggu, 30 Juli 2023 | Juli 30, 2023 WIB Last Updated 2023-07-30T06:29:29Z


QBeritakan.com - Ada kabar baik nih dari progres jalan tol Padang Sicincin. Jalan tol yang dilabeli sebagai jalan tol paling ribet Indonesia itu tinggal 5 persen lagi.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah bilang tahun depan, sebelum Lebaran 2024 jalan tol Padang Pekanbaru termasuk seksi ruas tol Padang Sicincin bakal selesai dan siap digunakan.
Gubernur Sumatera Barat itu bilang pembebasan tanah di ruas yang dijuluki jalan tol paling ribet di Indonesia itu, sudah tidak ada masalah kok. Wah yuk simak yuk selengkapnya.

Pada awal pekan ini, Mahyeldi menegaskan pembangunan jalan tol seksi Padang Sicincin sekarang sudah tidak terkendala lagi dengan masalah pembebasan tanah.

Makanya Gubernur Sumatera Barat itu sampai optimis banget, nanti Lebaran 2024, jalan tol Padang Pekanbaru termasuk di dalamnya ruas seksi Padang Sicincin sudah selesai dan bakal digunakan.
 
"Pada prinsipnya di daerah tidak ada halangan (pembebasan lahan) kita tinggal menunggu dari kementerian (PUPR) daratang. Yang jelas Tol Sicincin 2024 clear sebelum lebaran," tegas Mahyeldi dikutip dari TVRI, Minggu 30 Juli 2023.
 
Mahyeldi mengatakan proses pembebasan lahan sampai saat ini tidak ada halangan, selain itu pembangunan ruas tol Payakumbuh Pangkalan juga sedang berjalan. 
 
Pemprov Sumatera Barat terus koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk suksesnya jalan tol Padang Pekanbaru.

"Saat ini tidak ada halangan menunggu PUPR datang kami sudah siapkan tim," kata dia.

Nah kabar lainnya, Ketua Tim Percepatan Pembebasan Lahan Tol Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengatakan untuk pembebasan lahan di ruas tol Padang Sicincin tinggal 5 persen lagi.
 
Jadi ada 15 lahan yang tidak lama lagi akan diurus proses penyaluran ganti rugi dan kompensasinya.Untuk proses pembangunan ruas tol Payakumbuh Pangkalan, juga sudah sudah mulai proses pembangunan, setelah molor 4 tahun berhenti.

Investasi badan Jepang, JICA memastikan ruas tol Payakumbuh Pangkalan yang melewati Kabupaten Lima Puluh Kota, berjalan. Dalam ruas tol ini akan dibangun terowongan termegah Asia Tenggara yang menembus perut Bukit Barisan.

Data dari Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PU per Juni 2023, perkembangan pengadaan lahan jalan tol Seksi Padang-Sicincin sudah mencapai 88,9 persen dengan konstruksi telah mengalami kemajuan hingga 28,8 persen. Ruas tol ini dikerjakan oleh Hutama Karya.

Hutama Karya memastikan kelanjutan proyek Jalan Tol Padang Sicincin dengan target operasi pertengahan tahun 2024.
Kehadiran Jalan Tol Padang-Sicincin nantinya memiliki 2 x 2 lajur dengan kecepatan rencana 80 km/jam, sehingga dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Padang-Pekanbaru dari 9 jam melalui jalan arteri menjadi kurang lebih 3 jam. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tol Padang Sicincin Merupakan Proses Pembangunan Jalan Tol Paling Ribet Indonesia

Trending Now