Warga Kota Bandar Lampung melaksanakan Salat Idul Adha di Lapangan Kalpataru

QBeritakan.com
Kamis, 29 Juni 2023 | Juni 29, 2023 WIB Last Updated 2023-06-29T07:18:13Z

QBeritakan.com -Warga Kota Bandar Lampung melaksanakan Salat Idul Adha di Lapangan Kalpataru, Kecamatan Kemiling, Kamis, 29 Juni 2023.

Pelaksanaan salat Idul Adha di Lapangan Kalpataru dihadiri oleh Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Selain jajaran pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, salat Idul Adha juga dihadiri oleh mantan Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN.

Sejak pukul 06.00 WIB ratusan warga berduyun-duyun memadati Lapangan Kalpataru.

Khatib dalam salat Idul Adha adalah Ketua Umum MUI Bandar Lampung, Amiruddin. 

 

Ia menyampaikan ceramah tentang makna dari Idul Adha serta pahala yang diterima bagi orang yang berkurban.

Ia menjelaskan dalam Al Qur'an, Allah telah memerintahkan Nabi Ibrahim Alaihissalam untuk mengurbankan putranya Ismail Alaihissalam, dalam bentuk pengabdian dan kepatuhan.Namun Allah mengganti Nabi Ismail Alaihissalam dengan domba sebagai kurban.

Kisah ini jelasnya, bentuk ketaatan Nabi Ibrahim Alaihissalam kepada Allah dan menegaskan pentingnya kurban sebagai ibadah yang dianjurkan dalam Islam.

"Selain itu ibadah kurban mengajarkan makna penting serta hal terbaik untuk kepentingan umat manusia, menghormati nilai-nilai kasih sayang dan belas kasih," terangnya.

Amiruddin menambahkan berkurban dapat menjadi saksi di hadapan Allah di akhirat. Sebagaimana ia mengutip hadis riwayat Ibnu Majah.

"Rasulullah bersabda, "Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah.

 

Sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Kota Bandar Lampung melaksanakan Salat Idul Adha di Lapangan Kalpataru

Trending Now