Kabupaten Tulanag Bawang Barat Sembelih 165 Kambing dan 13 Sapi Kuraban

QBeritakan.com
Kamis, 29 Juni 2023 | Juni 29, 2023 WIB Last Updated 2023-06-29T07:27:59Z


QBeritakan.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) menyembelih 165 ekor kambing dan 13 ekor sapi dalam program Tubaba Berkurban.

Herwan kurban tersebut merupakan hasil penggalangan dari para aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Tubaba.

"Ada 178 ekor kambing dan sapi yang dibagikan pemkab dalam program Tubaba Berkurban tahun ini," ujar Pj Bupati Tubaba M. Firsada usai melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Baitushobur, kompleks Islamic Center, Kamis, 29 Juni 2023.

Firsada menjelaskan Tubaba Berkurban merupakan program pemkab untuk membantu masyarakat di setiap Hari Raya Idul Adha.

Program ini telah berjalan dua tahun dengan sebaran penyembelihan hewan kurbannya dilakukan di setiap tiyuh/desa yang tersebar di sembilan kecamatan.

"Gerakan Tubaba Berkurban ini menyisihkan pendapatan setiap bulan ASN dan disalurkan untuk kurban saat Idul Adha," ujarnya.

Di tempat terpisah, Kabag Kesra, Nurkholis menambahkan program Tubaba Berkurban tahun kedua tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Untuk tahun ini terkumpul sebanyak 165 kambing dan 13 sapi. Sedangkan tahun lalu hanya 103 kambing dan 8 sapi.

"Harapannya setiap tahun, jumlah hewan yang disembelih akan terus bertambah. Selain ASN harapannya dari pihak swasta dan masyarakat umum juga ikut dalam gerakan Tubaba Berkurban ini," kata dia.

Dijelaskannya untuk tiyuh di enam kecamatan di wilayah utara kabupaten yakni Pagardewa, Lambukibang, Waykenangan, Gunungagung, Gunungterang, dan Batu Putih masing-masing tiyuh diberikan 2 ekor kambing.

Sedangkan di tiga kecamatan wilayah ibu kota kabupaten yakni Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Udik, dan Tumijajar diberikan masing-masing 1 ekor kambing.

Sementara itu, untuk 13 ekor sapi dibagikan kepada kajari 1 sapi, polres 1 sapi, Kodim 1 sapi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) 1 sapi, Islamic Center 1 sapi, Dewan Masjid 1 sapi, pemda 6 sapi, dan organisasi profesi 2 ekor.

"Untuk pemotongan yang di pemda dagingnya diprioritaskan untuk ASN yang berkurban," kata dia.

Sementara itu, Pj Bupati Tubaba M Firsada dan ketua PKK setempat, Hanita Farial melakukan salat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Baitushobur kompleks Islamic Center bersama Sekdakab, Novriwan Jaya dan seluruh pejabat eselon II dan III di pemkab setempat.

Seusai salat, Pj bupati menyerahkan hewan kurban kepada panitia Masjid Baitushobur.

Kemudian dilanjutkan dengan silaturahmi lebaran dengan pejabat dan masyarakat umum di rumah dinas bupati.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kabupaten Tulanag Bawang Barat Sembelih 165 Kambing dan 13 Sapi Kuraban

Trending Now