Bawaslu Lampung Selatan Usut Dugaan Pelanggaran Dalam deklarasi yang digelar di SD dan SMP IT

QBeritakan.com
Rabu, 07 Juni 2023 | Juni 07, 2023 WIB Last Updated 2023-06-07T13:01:00Z

 

QBeritakan.com - Bawaslu Lampung Selatan mengusut dugaan pelanggaran dalam deklarasi relawan Ganjar Pranowo yang digelar di SD dan SMP IT Insan Terpadu Yayasan Bina Insan Taqwa, Natar, Lampung Selatan.

Pengusutan itu memanggil tiga pihak di antaranya Kepala Sekolah dan bacalon DPD RI Tulus Purnomo, pada 6-7 Juni 2023.

"Ada tiga orang kami panggil untuk meminta keterangan," ujar Ketua Bawaslu Lampung Selatan, Hendra Fauzi, Rabu, 7 Juni 2023.

Pihaknya juga akan memanggil pihak penyelenggara acara pada 8 Juni 2023. Namun, dia belum bisa memaparkan hasil pemeriksaan karena masih dalam proses. "Nanti hasilnya kami serahkan ke Bawaslu Provinsi" katanya.

Sementara itu, Tulus Purnomo membenarkan telah memenuhi panggilan Bawaslu Lampung Selatan pada 6 Juni 2023 lalu. Dia membantah melibatkan anak-anak dalam kegiatan yang tergelar pada 1 Juni 2023.

Menurutnya, gambar yang mencantumkan anak-anak itu gladi bersih proses wisuda siswa yang berlangsung pada 31 Mei 2023, dan wisuda berlangsung pada 3 Juni. "Itu tidak benar, hoaks. Gladi 31 Mei, tapi dibuat-buat seolah terjadi pada 1 Juni," ujarnya.

Sebelumnya, politikus Lampung itu dituding berkampanye dengan menggunakan fasilitas pendidikan dan melibatkan pelajar di tingkat dasar. Tudingan tersebut terlontar dalam akun twitter @partaiSocmed pada 3 Juni 2023.

"Tolooong, urusan dukung mendukung capres-capres jangan melibatkan sekolah dan anak2 SD!! Sudah gitu guru2nya dipaksa jadi panitia tanpa diberi makan dan minum sama sekali pula!" tulis postingan di Twitter itu.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bawaslu Lampung Selatan Usut Dugaan Pelanggaran Dalam deklarasi yang digelar di SD dan SMP IT

Trending Now