BPBD Kabupaten Pesawaran, Himbau Masyarakat Waspada Rawan Banjir untuk Waspada dengan Perubahan Cuaca

Prasetyo Budi
Senin, 29 Mei 2023 | Mei 29, 2023 WIB Last Updated 2023-05-29T13:58:59Z

 
QBeritakan.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran, mengimbau masyarakat yang berada di daerah rawan banjir untuk waspada dengan perubahan cuaca yang terjadi sewaktu-waktu.

Kepala BPBD Pesawaran Sofyan Aghani mengatakan saat ini perubahan cuaca sulit untuk diprediksi, karena sering berubah-berubah.

"Saat ini tingkat kewaspadaan masyarakat harus ditingkatkan, karena cuaca dari pagi sampai siang cerah, tapi sore sampai malem hujan deras seperti kemarin. Makanya masyarakat di daerah rawan banjir harus lebih berhati hati," ujarnya,Senin, 29 Mei 2023.

Dirinya mengatakan, pihak BPBD telah melakukan pemetaan daerah-daerah yang rawan banjir ketika hujan terjadi.

"Kalau di tempat kita ini, terdapat beberapa kecamatan yang rawan banjir seperti Kecamatan Padang Cermin, Marga Punduh, Punduh Pedada, Way Khilau, Way Lima dan Gedongtataan. Kita juga telah meminta kepada para camat untuk mengingatkan para kadesnya agar selalu waspada," ujar dia.

Meskipun saat ini masuk musim kemarau, namun sejak beberapa hari terakhir khususnya di daerah Pesawaran curah hujan cukup tinggi, hal itu berpotensi menyebabkan banjir.

Dirinya juga mengingatkan kepada para kepala desa melalui camat, untuk menjaga kebersihan selokan air yang ada di desa, sehingga meminimalisir terjadinya banjir di desa.

"Pemerintahan sudah mulai melakukan normalisasi sungai di beberapa sungai yang mengalami pendangkalan, dan itu harus didukung dengan kebersihan saluran air di desa," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPBD Kabupaten Pesawaran, Himbau Masyarakat Waspada Rawan Banjir untuk Waspada dengan Perubahan Cuaca

Trending Now