Viral Awan Panas Gunung Merapi Berbentuk Mbah Petruk, Disebut Jadi Pertanda

QBeritakan.com
Senin, 13 Maret 2023 | Maret 13, 2023 WIB Last Updated 2023-03-13T15:11:17Z



QBeritakan.com - Setelah Gunung Merapi Erupsi Sabtu (11/3/2023), media sosial kini dihebohkan dengan awan berbentu Mbah Petruk di atas Gunung Merapi pada Minggu (12/3/2023) pagi.

Gumpalan awan hitam di atas gunung disebut menyerupai tokoh pewayangan Jawa, Petruk yang memiliki hidung panjang yang khas. Mbah Petruk sering dikaitkan dengan misteri Gunung Merapi ketika erupsi terjadi. Bagi masyarakat sekitar, Mbah Petruk yang merupakan sosok gaib ini dipercaya merupakan pesan agar masyarakat waspada. Mbah Petruk yang diyakini kerap muncul berupa awan dari erupsi Gunung Merapi ini juga pernah viral di media sosial pada letusan 2010 lalu. Kemudian sodara, dengan kondisi Gunung Merapi saat ini, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut, awan panas guguran masih muncul hingga pagi tadi. Dengan situasi yang dinilai kurang kondusif, pengelola Balai Taman Nasional atau BTN Gunung Merapi memutuskan menutup sementara beberapa kawasan wisata. Beberapa di antaranya yakni Objek Wisata Alam Jurang Jero, Tlogo Muncar dan Kalikuning-Plunyon.
(Tribun-Video.com/TribunJateng.com)

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Video Abu Vulkanik Gunung Merapi Berbentuk Petruk, Ini Tanggapan BPPTKG dan Kepercayaan Masyarakat, https://jateng.tribunnews.com/2023/03.... Penulis: Wahyu Ardianti Woro Seto | Editor: galih permadi #beritaterbaru #beritaterkini #beritaviral #live #breakingnews #erupsi #merapi #merapierupsi #lava

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Viral Awan Panas Gunung Merapi Berbentuk Mbah Petruk, Disebut Jadi Pertanda

Trending Now