SOSOK KOPDA AHMAD, Pasukan Elite TNI AU yang Berputar Puluhan Kali Pegangi Kapolda Jambi

QBeritakan.com
Rabu, 22 Februari 2023 | Februari 22, 2023 WIB Last Updated 2023-02-22T13:12:19Z

 

QBeritakan.com - Setelah tiga hari dua malam terjebak di hutan, kini seluruh rombongan Kapolda Jambi Jaya Irjen Rusdi Hartono berhasil dievakuasi dari hutan Kerinci. Pasukan khusus yang diterjunkan untuk mengevakuasi harus bertaruh nyawa hingga bergelantungan dengan seutas tali. 

Salah satu pasukan khusus tersebut adalah Kopda Ahmad Nofrizal. Aksi heroik Kopda Ahmad Nofrizal bergelantungan dan berputar-putar di seutas tali sambil memegang erat Kapolda Jambi yang berada di tandu, viral di media sosial. 

Menggunakan sebuah tandu, Irjen Rusdi berbaring lalu ditarik menggunakan tali naik ke atas helikopter. Bahkan ada momen tandu dan seorang prajurit TNI AU itu berputar-putar puluhan kali di udara. Lantas siapa sosok Kopda Ahmad Nofrizal. 

 Dari hasil penelusuran, Kopda Ahmad merupakan prajurit TNI AU dari Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Diketahui, Kopasgat merupakan pasukan elit yang dimiliki TNI AU, atau biasa disebut Korps Baret Jingga. 

Dia berasal dari Batalyon Komando 462/Pulanggeni. Saat diwawancarai Tribun Network pada Selasa (21/2/2023), Kopda Ahmad Nofrizal membeberkan detik-detik evakuasi yang berlangsung dramatis tersebut. 

Sebagai anggota dari satuan tempur, ia mengaku sudah terbiasa dengan kondisi yang terjadi seperti video yang sudah beredar. Ahmad menuturkan dirinya tak mengalami kendala baik saat proses evakuasi maupun setelahnya. "Semua aman, karena kami sudah terbiasa dengan kondisi seperti itu," ungkap Ahmad, kepada Tribun, Selasa (21/2/2023). 

Meski demikian, proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi memang butuh upaya lebih. Sebab kondisi medan di bukit Tamiai, Kerinci yang cukup ekstrim. 

"Memang kondisis medannya sangat ekstrim, awan tertutup, berada di lembah, dan pepohonan yang tinggi," jelasnya. Disebutkan bahwa ketinggian dari daratan ke helikopter sekira 75 feet. Kini setelah 54 jam berada di tengah hutan, Kapolda Jambi Irjen Rusid berhasil dievakuasi dengan aman. 


 

Website https://jatim.tribunnews.com/ 

Twitter https://twitter.com/tribunjatim 

Facebook https://www.facebook.com/tribunnewsjatim 

Instagram https://www.instagram.com/tribun_jatim/ 

 #kopdaahmad #tni #kapoldajambi #tribunjatim #matalokalmenjangkauindonesia

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SOSOK KOPDA AHMAD, Pasukan Elite TNI AU yang Berputar Puluhan Kali Pegangi Kapolda Jambi

Trending Now