Sejarah Singkat Club Sepak Bola Persita Tangerang dan Download Logo

Sport QBeritakan.com
Minggu, 08 Januari 2023 | Januari 08, 2023 WIB Last Updated 2023-01-08T14:26:44Z

QBeritakan.com - Persatuan Sepak bola Indonesia Tangerang (disingkat Persita atau Persita Tangerang) adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang bermarkas di Kabupaten Tangerang. Tim berjuluk Pendekar Cisadane yang identik dengan jersey berwarna violet.

Persita Tangerang saat ini bermain di liga tertinggi Indonesia, Liga 1. Pada tahun 2002 klub ini berhasil menjadi runner-up nasional. Sebelum dipromosikan ke Liga 1 pada tahun 2020, Persita Tangerang terakhir kali bermain pada tahun 2014 di liga tertinggi Indonesia, yang saat itu bernama Liga Super Indonesia.

Pada musim 2003, mereka mengambil bagian dalam Kejuaraan Klub ASEAN dan mencapai perempat final, kalah 2-1 dari pemenang akhirnya Kingfisher East Bengal dari India. Alhasil Persita berhasil mengamankan tempat di peringkat ke-3 pada kejuaraan tersebut.

Pada tahun 2020, Persita mengenalkan maskot barunya menemani maskot lama Mat Peci. Maskot baru itu bernama 'Ayam Wareng', yaitu seekor ayam yang merupakan fauna identitas kabupaten Tangerang.

Persita didirikan pada tanggal 19 April 1940 di Kabupaten Tangerang yang dipelopori oleh Alm. M.E. Umran,[butuh rujukan] Tetapi baru diresmikan pada tanggal 15 September 1945[butuh rujukan] dan kemudian diterima dan disahkan sebagai anggota PSSI pada 9 September 1953 dan tanggal 9 September itu pula ditetapkan sebagai hari berdirinya Persita.[butuh rujukan] Pada awal berdirinya, Persita menggunakan jersey berwarna merah dan celana putih tetapi di masa kepemimpinan H. Urip Hermansyah, warna jersey utama diganti dengan warna ungu hingga sekarang.[butuh rujukan]

Julukan Persita adalah Pendekar Cisadane yang merujuk pada nama tokoh di Kabupaten Tangerang yang terkenal karena kononnya pernah melawan Ratu Buaya di Sungai Cisadane.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sejarah Singkat Club Sepak Bola Persita Tangerang dan Download Logo

Trending Now