Momen Bersejarah Dalam Sepak Bola Wasit keluarkan kartu putih Dalam Pertandingan

Sport QBeritakan.com
Minggu, 29 Januari 2023 | Januari 29, 2023 WIB Last Updated 2023-01-29T08:54:50Z

QBeritakan.com - Hallo Sahabat Bola Q, Banyak Hal dan momentum yang terjadi dalam setiap pertadingan sepak bola dimanapun, tanpa terkecuali kejadian yang masih hangat sekali Sabtu 21 Januari 2023 merupakan hari bersejarah dalam dunia sepak bola tatkala wasit mengeluarkan kartu putih untuk pertama kalinya pada pertandingan antara Sporting Lisbon dan Benfica di Portugal.

Wasit Mengeluarkan Kartu kining dan kartu merah tentu saja hal yang lumrah, namun apa jadinya jika wasit mengeluarkan kartu putih dalam sebuah pertandingan, Nah apa yang sebenarnya terjadi sampai sampai wasit harus mengeluarkan kartu putih dalam pertandingan tersebut.

Kartu merah dan kuning, yang dikeluarkan oleh wasit sebagai sangsi atas pelanggaran peraturan dan perilaku buruk, sementara kartu putih memiliki arti sebaliknya.

Kartu putih ditunjukkan sebagai pengakuan wasit atas perilaku pemain dan ofisial klub yang baik dan sportif saat pertandingan berlangsung. Namun saat ini kartu tersebut hanya digunakan di Portugal.

Nah Kartu Putihtersebut diperkenalkan Portugal,  kartu putih pada pertandingan sepak bola sebagai bagian dari rangkaian inisiatif baru, yaitu untuk 'meningkatkan nilai etis dalam olah raga'.

Langkah tersebut ditempuh oleh Federasi Sepak Bola Portugal.

Selama ini dunia sepak bola memakai kartu kuning dan merah yang digunakan untuk mendisiplinkan pemain atas pelanggaran. Kedua kartu itu mulai dipakai pada Piala Dunia 1970 guna menekan jumlah pelanggaran dan gangguan saat pertandingan berlangsung.

Adapun kartu putih muncul untuk pertama kalinya di depan publik pada Sabtu (21/01), ketika wasit Catarina Campos memimpin pertandingan Piala Antarklub Perempuan antara Sporting Lisbon dan Benfica di Lisbon.

Wasit Catarina Campos mengeluarkan kartu tersebut setelah seseorang di tribun jatuh sakit dan staf medis dari kedua tim dengan cepat membantunya.

Aksi tersebut mendapat sambutan positif dari para penonton di Estadio da Luz. Banyak di antara mereka yang bersorak dan bertepuk tangan atas keputusan tersebut.

Kartu putih untuk pertama kalinya digunakan pada pertandingan Piala Antarklub Perempuan Portugal.

Karena kartu tersebut saat ini hanya digunakan di satu negara, masih harus dilihat apakah ada negara lain yang akan mengikuti jejak Portugal atau bagaimana reaksi para penggemar sepak bola terhadap penggunaan kartu itu.

Namun wacana penggunaan kartu putih secara lebih luas sudah digulirkan, terutama setelah pemberlakuan waktu tambahan pada setiap babak pertandingan di Piala Dunia Qatar.

Waktu tambahan ini dipakai untuk menggantikan waktu yang terbuang akibat tingkah pemain membuang-buang waktu, perawatan cedera, perayaan gol yang lama, pergantian pemain, intervensi VAR, serta reaksi pemain setelah diberikan kartu kuning atau merah.

Bagaimana Sahabat Bola Q, sudh paham ya dengan Kartu Putih dalam Pertandingan sepak bola, semoga bermanfaat ya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Momen Bersejarah Dalam Sepak Bola Wasit keluarkan kartu putih Dalam Pertandingan

Trending Now