"Sumatera-Jawa" (Mbak Sumi dalam kenangan) Part 5

Prasetyo Budi
Kamis, 17 November 2022 | November 17, 2022 WIB Last Updated 2023-07-16T16:44:41Z

 

Cerbung_Oleh Abhenk G-Chaniago

QBeritakan.com - Tak terasa hari telah mejelang siang, hujan pun cuma menyisakan rintik, bertanda sebentar lagi akan reda. Sumi yang duduk dikursi pojokan kemudian berdiri, gelas kopi ukuran jumbo ditangannya sudah terlihat kosong, yang terisa hanya ampas. Langkahnya menuju dapur. Bagas yang tertidur pulas di kursi dekat meja kasir dibiarkan tanpa membangunkan, kopi bikinan sumi masih utuh belum sempat dinikmatnya.
 
"Kasihan, kelelahan sekali kamu tampaknya mas..." batin sumi saat lewat didepan bagas.
Entah berapa lama tertidur dengan pulas, jelasnya saat terbangun hari telah menunjukan pukul tiga sore. Hujan telah reda. Kendaraan roda dua pun telah ramai berlalu lalang, berisik suara mesin dari beberapa kendaraanlah yang membuat bagas terbangun dari tidur pulas.
 
"Mbak... mbak sum..." panggil bagas saat menyadari sumi tidak terlihat olehnya. Hening, tidak ada sahutan.
 
"Mbak... mbak sumi...!" Bagas kembali memanggil sumi, dan lebih mengeraskan suaranya agar terdengar. Barangkali sumi diluar atau sedang dikamar mandi pikirnya. Masih tetap saja tidak ada jawaban, sunyi.
 
Bagaspun berdiri dan beranjak kearah kamar mandi, betapa tercengangnya sebelum sampai dikamar mandi melihat dapur dalam keadaan bersih, piring dan gelas kotor sudah tersusun rapi dirak piring, lantai yang tadi adanya bungkus nasi yang berserakan dan mengeluarkan aroma tak sedap juga bersih dan mengeluarkan aroma wangi pembersih lantai.
 
Bagas melanjutkan langkahnya kekamar mandi, dilihatnya juga bersih. Bak mandi terisi penuh dengan air bersih dan jernih, kotak sabun dan pasta gigi kosong pun tidak lagi terlihat berserakan. Benar-benar bersih, bagas pun berdecak kagum.
 
"Hmmm... Pasti ini semua yang membersihkan mbak sumi! Tapi kemana mbak sumi?" Batin bagas.
***
Bersambung

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • "Sumatera-Jawa" (Mbak Sumi dalam kenangan) Part 5

Trending Now